Peringatan Hari Dharma Samudera 2023, Kobarkan Semangat Juang Untuk Kejayaan Indonesia

Sejarah penetapan Hari Dharma Samudera dilatarbelakangi oleh peristiwa perjuangan Tentara Indonesia di perairan Maluku. Konflik dengan Belanda pasca kemerdekaan tersebut sebagai Pertempuran Laut Arafuru (Aru), yang terjadi pada 15 Januari 1962 silam.(Foto: Istimewa)

WARTAKEPRI.co.id, KARIMUN – Peringatan Hari Dharma Samudera diperingati setiap tahunnya pada 15 Januari.

Sejarah penetapan Hari Dharma Samudera dilatarbelakangi dengan adanya peristiwa perjuangan Tentara Indonesia di perairan Maluku.

Konflik dengan Belanda pasca kemerdekaan tersebut sebagai Pertempuran Laut Arafuru (Aru), yang terjadi pada 15 Januari 1962 silam.

PKP EXPO

“Peringatan Hari Dharma Samudera ini guna mengenang peristiwa heroik yang terjadi di Laut Aru, Maluku yang terjadi pada tanggal 15 Januari 1962 silam,” terang Danlanal Tanjungbalai Karimun Letkol Laut (P) Joko Santosa, Senin (16/1/2023).

Peringatan Hari Dharma Samudera dengan mengusung tema “Kobarkan Semangat Kejuangan Untuk Kejayaan Indonesia” tersebut, kata Danlanal mengenang tiga kapal cepat torpedo TNI Angkatan Laut, yakni KRI Macan Tutul, KRI Macan Kumbang dan KRI Harimau, bertempur melawan dua kapal jenis destroyer serta pesawat jenis Neptune dan Frely milik Belanda demi mempertahankan Irian Barat.

“Pertempuran Laut Arafuru yang terjadi ini merupakan peristiwa bersejarah yang dialami Angkatan Laut Indonesia, ditunjukkan kepada pelaut-pelaut dibawah kepemimpinan Komodor (Laut) Yosaphat (Yos) Sudarso,” ungkap Danlanal.

Sebagai prajurit laut kata Danlanal, Komodor (Laut) Yos Sudarso menunjukkan keteladanan dan inspirasi kepemimpinan dalam melaksanakan tugas yang diembannya.

“Sifat rela berkorban dan ikhlas dalam bekerja merupakan nilai-nilai luhur yang ditunjukkan dalam peristiwa tersebut,” ujar Danlanal.(Aman/rls)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

GALERI 24
PKP PROMO ENTENG