Menggoda Lidah di Batam: Rekomendasi Kuliner Khas yang Wajib Dicoba

Menggoda Lidah di Batam: Rekomendasi Kuliner Khas yang Wajib Dicoba
Gongong, salah satu kuliner khas Kota Batam yang jadi favorit wisatawan (ilustrasi)
HARRIS BARELANG

BATAM – Wisata kuliner selalu menjadi bagian tak terpisahkan dari petualangan di suatu daerah. Begitu pun di Batam, Kepulauan Riau, di mana kekayaan budaya dan tradisi menciptakan sajian-sajian menggugah selera. Bagi para pelancong dan penggemar kuliner, berikut adalah rekomendasi makanan khas Batam yang wajib dicoba:

Nasi Dagong:

Menggoyang lidah dengan cita rasa unik. Nasi Dagong adalah nasi goreng khas Batam yang dihidangkan dengan gonggong, sejenis siput. Dibungkus dengan daun pisang dan bumbu rempah, sajian ini tak boleh dilewatkan ketika berada di Batam.

BACA JUGA: Surya Paloh: Fraksi NasDem di DPR Wajib Ikut Hak Angket Dugaan Kecurangan Pilpres 2024

Nasi Lemak Mak Ngah Tanjung Riau:

Nikmati kelezatan nasi lemak, olahan nasi dengan santan kelapa yang gurih, disajikan dengan pelengkap seperti ikan bilis. Sajian ini menjadi favorit di Batam, terutama di daerah Tj. Riau.

Mie Lendir Kasan Ciblek:

Meskipun namanya mungkin mengejutkan, mie lendir ini memiliki cita rasa yang menggugah selera. Dengan kuah berbasis tepung kanji dan berbagai pelengkap, sajian ini memikat hati para pecinta mie.

BACA JUGA: Polres Karimun Limpahkan Kasus Tewasnya Halimah Kepada Sub Detasemen PM

Mie Sagu Batam Morning Bakery:

Mie dengan tekstur kenyal berbahan dasar sagu ini menawarkan pengalaman rasa yang unik. Aroma sagu yang khas dipadukan dengan bumbu rempah, menciptakan hidangan yang memikat selera.

Mie Tarempa Sei Panas:

Mie gepeng berkuah kemerahan ini, disajikan dengan tambahan suwiran ikan tongkol atau olahan seafood lainnya. Rempah-rempah kaya rasa menjadi ciri khas sajian ini di Batam.

Luti Gendang Mak Rizki:

Buat penggemar cemilan, kue mirip kroket ini menawarkan berbagai isi, mulai dari ikan hingga abon atau coklat. Harganya yang terjangkau membuatnya menjadi favorit di Batam.

Rocklate:

Coklat yang dipadukan dengan marshmallow lembut dan kenyal, menjadikan Rocklate sebagai cemilan yang tak boleh dilewatkan di Batam. Kemasan yang unik membuatnya juga cocok sebagai oleh-oleh.

Es Pisang Ijo La Tansa:

Sebagai penutup perjalanan kuliner, nikmati kesegaran Es Pisang Ijo, yang terdiri dari pisang berbalut adonan terigu hijau dengan kuah manis yang menyegarkan.

Dengan beragam pilihan makanan khasnya, Batam tidak hanya menawarkan keindahan alam dan aktivitas wisata, tetapi juga kekayaan kuliner yang tak terlupakan. Jelajahi dan nikmati setiap hidangan untuk pengalaman kuliner yang memuaskan di kota ini! (den)

Editor: Denni Risman

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

GALERI 24 PKP PROMO ENTENG