Investasi Emas Mulai dari Dana Minim: 5 Strategi Menabung Emas untuk Semua Kalangan

Investasi Emas Mulai dari Dana Minim: 5 Strategi Menabung Emas untuk Semua Kalangan
Investasi emas bisa dilakukan dengan dana minim (ilustrasi)
HARRIS BARELANG

BATAM – Semakin banyak masyarakat yang menyadari bahwa investasi emas tidak lagi hanya untuk kalangan berduit. Bahkan dengan dana minim, siapa pun dapat memulai langkah mereka menuju kepemilikan emas sebagai bentuk investasi yang stabil.

Menurut Charles Budiman, Chief Digital Officer Maybank Indonesia, tidak ada batasan untuk menabung emas, bahkan bagi yang memiliki gaji minimum regional (UMR).

BACA JUGA: Pleno KPU Karimun, Banyak Nama Caleg Baru Lolos DPRD Karimun 2024-2029

“Emas memiliki sejumlah keunggulan sebagai pilihan investasi, baik untuk pemula maupun investor berpengalaman,” ungkapnya.

Keuntungan dari investasi emas antara lain adalah nilai yang cenderung meningkat, likuiditas yang baik, serta harga yang terjangkau. Dengan demikian, emas dianggap sebagai salah satu pilihan investasi yang aman dan dapat diandalkan.

BACA JUGA: Target dan Rencana Kerja Perangkat Daerah RKPD Kota Batam Tahun 2025

Namun, bagaimana caranya memulai menabung emas dengan dana minim? Berikut adalah beberapa strategi praktis yang dapat diterapkan:

1. Alokasi Dana yang Bijaksana: Mulailah dengan mengatur alokasi dana, dengan memprioritaskan kebutuhan pokok dan menyisihkan sebagian untuk investasi emas.

2. Konsistensi dalam Menabung: Menabung emas secara rutin dan konsisten merupakan kunci kesuksesan dalam membangun portofolio investasi yang stabil.

3. Manfaatkan Teknologi Digital: Memanfaatkan layanan perbankan digital untuk menabung emas adalah cara yang praktis dan efisien, memungkinkan siapa pun untuk melakukan investasi dengan mudah.

4. Pemantauan Harga secara Berkala: Perhatikan pergerakan harga emas secara berkala dan manfaatkan informasi harga real-time untuk melakukan transaksi yang tepat waktu.

5. Fokus pada Tujuan Investasi: Tentukan tujuan investasi emas Anda, baik itu untuk jangka pendek maupun jangka panjang, dan tetap fokus pada upaya mencapainya.

Dengan menerapkan strategi-strategi ini, diharapkan masyarakat dapat memulai perjalanan mereka menuju kepemilikan emas sebagai salah satu bentuk investasi yang menguntungkan. (*)

Sumber: kompas

Editor: Denni Risman

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

GALERI 24 PKP PROMO ENTENG