Euro 2024: Drama Gol Bunuh Diri, Belanda Tersungkur di Hadapan Austria 2-3

Euro 2024: Drama Gol Bunuh Diri, Belanda Tersungkur di Hadapan Austria 2-3
Gol bunuh diri Manyel membuat Belanda tersungkur ditangan Austria (ist)

BATAM – Gol bunuh diri Donyell Malen menjadi awal dari kekalahan dramatis timnas Belanda di matchday ketiga Grup D EURO 2024. Bertanding di Olympiastadion pada Selasa (25/6/2024), Belanda kalah 2-3 dari Austria.

Gol bunuh diri Malen pada menit ke-6 mengawali petaka bagi Belanda. Meskipun dua kali berhasil menyamakan kedudukan, Belanda tidak mampu menghindari kekalahan. Dalam hal peluang, Belanda unggul dengan 11 tembakan dibandingkan Austria yang hanya melepaskan sembilan tembakan. Dominasi penguasaan bola juga dipegang Belanda dengan 51 persen.

Jalannya pertandingan

Pada menit ke-6, Donyell Malen melakukan gol bunuh diri yang mengejutkan Belanda. Malen yang mencoba memotong umpan silang di kotak penalti, malah memasukkan bola ke gawang sendiri. Belanda mencoba membalas dengan meningkatkan serangan. Malen nyaris membayar kesalahannya pada menit ke-22, tetapi tembakannya melenceng tipis.

KPU KEPRI

Austria kembali mengancam melalui tendangan jarak jauh Marcel Sabitzer, tetapi kiper Bart Verbrugge berhasil menyelamatkan gawangnya. Sepuluh menit sebelum babak pertama berakhir, sundulan Memphis Depay membentur tiang, membuat skor tetap 1-0 untuk Austria hingga jeda.

Dua menit setelah babak kedua dimulai, Cody Gakpo mencetak gol penyama kedudukan dengan tembakan dari sisi kiri kotak penalti. Namun, Austria kembali unggul pada menit ke-59 melalui sundulan Romano Schmid. Belanda menyamakan skor lagi melalui Memphis Depay pada menit ke-75 setelah golnya divalidasi oleh VAR.

Lima menit kemudian, Marcel Sabitzer mencetak gol ketiga untuk Austria dengan tendangan kaki kiri ke pojok kanan gawang. Belanda tidak mampu membalas hingga akhir pertandingan, dan harus menerima kekalahan 2-3.

Kekalahan ini membuat Belanda turun ke posisi ketiga Grup D dengan empat poin, sementara Austria finis sebagai juara grup dengan enam poin.

Belanda 2-3 Austria
(Cody Gakpo 47′; Memphis Depay 75′; Donyell Malen 6′-bd, Romano Schmid 59′, Marcel Sabitzer 80′)

Belanda:
1-Bart Verbrugge, 6-Stefan de Vrij, 5-Nathan Ake (15-Mickey van de Ven 65′), 4-Virgil van Dijk, 2-Lutsharel Geertruida, 24-Jerdy Schouten, 16-Joey Veerman (7-Xavi Simons 35′), 14-Tijani Reijnders (8-Georginio Wijnaldum 65′), 10-Memphis Depay, 18-Donyell Malen (9-Wout Weghorst 72′), 11-Cody Gakpo
Pelatih: Ronald Koeman

Austria:
13-Patrick Pentz, 15-Philipp Lienhart (19-Christoph Baumgartner 62′), 5-Stefan Posch, 2-Maximilian Wober, 9-Marcel Sabitzer, 10-Florian Grillitsch (14-Leopold Querfeld 64′), 18-Romano Schmid, 8-Alexander Prass, 6-Nicolas Seiwald, 23-Patrick Wimmer, 7-Marko Arnautovic (11-Michael Gregoritsch 78′)
Pelatih: Ralf Rangnick

Sumber: bolasport

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

GALERI 24 PKP EXPO