Alat Rekam Data E-KTP Bintan Sudak tak Layak Pakai



WARTAKEPRI.co.id, BINTAN – Keinginan masyarakat untuk memiliki e-KTP yang berlaku seumur hidup juga mendapat respon tinggi dari masyarakat di Kabupaten Bintan. Sayang, keinginan kemampuan peralatan yang dimiliki dinas kualitasnya sudah menurun.

Kasi Data Kependudukan Dinas Kependudukan Bintan, Budiono mengatakan kendala yang pihak dinas sendiri alami untuk sekarang ini adalah peralatan yang sudah tidak memadai lagi seperti alat rekam yang sudah terlalu lama dan kualitas dari alat tersebut sudah menurun, Selasa (4/10/2016)

” Karena semakin lama alat itu digunakan maka akan semakin kurang kualitasnya. Sehingga memakan waktu lebih seperti waktu di lakukan scan mata atau scan sidik jari dan peralatan lainnya kadang bisa dan kadang-kadang tidak terbaca oleh alat tersebut dan proses perekaman yang kami lakukan juga menyusut,” ujar Budiono.

Sebenarnya untuk masalah alat kami sudah mengusulkan untuk diganti dengan yang baru. Tetapi belum ada berita mengenai masalah tersebut karena kita ketahui sendiri kondisi negara saat ini mengalami defisit.

” Untuk saat ini kami harus bisa mengoptimalkan semampunya dengan alat yang ada saat ini agar program Pemerintah tetap berjalan,” ungkapnya.

Kemudian Budi menjelaskan kendala yang kami alami yaitu dari masyarakat sendiri adalah tingkat kesadaran masih sangat rendah sehingga lambat datang untuk merekam data.

” Masalahnya kadang masyarakat berpikir jika belum terlalu butuh mereka tidak akan sibuk untuk mengurus akan tetapi jika ada suatu saat butuh dan berkaitan dengan administrasi barulah sibuk mengurusnya. Kemudian ada juga dari perubahan dari status mereka lambat untuk melapor, sehingga jika terjadi sesuatu barulah datang mengurus kependudukannya,” jelasnya.

Kasi data kependudukan berharap kepada masyarakat jika ada perubahan agar segera di urus secepatnya baik itu mengenai surat KK, Akta Kelahiran, perpindahan dari luar masuk ke Bintan dan lain sebagainya.

Misalkan saat melakukan pengurusan belum status nikah akan tetapi kemudian menikah agar di urus secepat mungkin supaya tidak mengalami kesusahan saat pengurusan lain seperti pengurusan akta kelahiran anak.

Dan saat pindah dari daerah lain agar cepat mengurus surat pindah agar bisa di buatkan kk baru agar tidak mengalami kendala lain jika berkepentingan.(sapardi)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News