Wajah Batam dan PWI Kepri Gelar Pelatihan Jurnalistik

236
wajah-batam-citizen-jurnalis

WARTAKEPRI.co.id, BATAM – Peran media sosial akan mengambil peran utama dalam memberikan informasi kepada masyarakat.  Jika selama ini masyarakat daerah atau lokal hanya mendapatkan informasi dan berita dari media koran atau majalah, kini beralih dengan menjadikan forum media sosial sebagai informasi utama mendapatkan kejadian di kotanya, termasuk kondisi ini juga terjadi di Kota Batam.

Keberhasilan Forum Wajah Batam yang menjadi CCTV nya Kota Batam benar benar sangat mempengaruhi informasi yang terjadi di Kota Batam. Bahkan, peran dan aktifnya member Wajah Batam yang hampir mendekati 190 ribu member di Facebook Wajah Batam, juga menjadi referensi sebagain pekerja Jurnalis atau Wartawan di Kota Batam. pelatihan-jurnalis-wajah-batam

Sadar tingginya partisipasi masyarakat yang memposting informasi atau foto dalam suatu kejadian, kadang ada yang bisa melanggar aturan hukum dan bisa menjebak dari pengelola  Wajah Batam. Untuk itu, Pengelola Wajah Batam dibawah Presiden Wajah Batam Allan Suharsad, membentuk komunitas Jurnalis Wajah Batam, dan mendapat respon hingga puluhan peserta anggota Wajah Batam yang ingin ikut pelatihan, dengan menghadirkan  Pengurus PWI Kepri.

” Pelatihan ini awal dari kesiapan kawan kawan Wajah Batam untuk terjun kedunia jurnalis dan kewartawanan. Bersyukur mendapat langsung pencerahan dan pelatihan dari kawan kawan Wartawan Senior di Kota Batam, yang tergabung di PWI Kepri. Semoga, minat kawan kawan untuk menjadi jurnalis akan tersalurkan,”ujar Allan Suharsad, Rabu malam (5/10/2016) di Hotel GGI Batam.

Hadir dalam acara pembukaan pelatihan pertama Jurnlias Wajah Batam ini, Anggota DPRD Batam Safari Ramadhan yang juga mengaku sangat terbantu dengan peran Wajah Batam dalam memberikan informasi melalui Facebook.

” Saya juga anggota wajah batam, bahkan keluarga saya tidak lagi membaca koran, kini lebih utama mendapatkan informasi melalui berita berita terbaru yang diposting di Wajah Batam,”ujar Safari Ramadhan.

Untuk pelatihan tahap peratama ini, diundang pemateri  Saibansah Dardani, Selaku Sekretaris PWI Kepri yang juga Redaktur Pelaksana Batamtoday.com dan Dedy Suwadha, Selaku Bendaraha PWI Kepri yang juga Pimpinan Redaksi WartaKepri.co.id.

Pelatihan tahap pertama ini memperkenalkan secara umum sejarah kewartawanan, apa itu peran media cetak saat ini, dan apa peran media online serta peran media sosial. Aturan hukum dan ketentuan serta apa yang membedakan antara pekerja jurnalistik dengan masyarakat umum yang memberikan informasi melalui media sosial.

Pelatihan tahap pertama juga menjelaskan tentang teoris tentang apa itu berita dan bagaimana melakukan praktek sederhana wawancara serta menuliskannya dalam bentuk tulisan. Pelatihan yang dimulai pukul 08.30 WIB ini berakhir hingga pukul 11.30 WIB malam.

” Tentu pertemuan pertama ini tidak akan menjelaskan dan menjadikan peserta layaknya bisa menulis seperti wartawan. Layaknya pelathan jurnalis itu dilakukan satu minggu hingga dikatakan layak untuk bisa turun liputan ke lapangan,”ujar Saibansah Dardani. (Dedy Suwadha).

 

Facebook Notice for EU! You need to login to view and post FB Comments!
PKP HIMALAYA DEWAN PERS WARTAKEPRI FANINDO PEMKO BATAM Combo Sakti Telkomsel