DJBC Kepri Amankan Penyelundupan Ribuan Hp Xiaomi asal Singapura ‎

147

WARTAKEPRI.co.id, KARIMUN – Aksi penyelundupan kembali berhasil digagalkan oleh Kapal patroli Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) Kepri. Adapun barang yang diamankan berisikan 140 karton kotak yang isinya smartphone merk Xiomi.

Lokasi penangkapan di perairan Tembilahan Riau, dimana kapal berlayar dari Singapura, Senin (2/1/2016) di Perairan Kepala Jerih. ‎
‎‎
Dalam satu karton terdapat 20 buah kemasan Handphone selundupan di dalamnya dengan merek Xiaomi.‎

Kabid Penindakan dan sarana operasi Kanwil DJBC Kepri, Raden Evy Suhartantyo mengatakan, saat melakukan penangkapan terhadap kapal yang membawa ratusan kotak handphone tersebut, terjadi kejar-kejaran kapal petugas dan kapal tersebut, bahkan sempat mengeluarkan tembakan peringatan.

“Kapal Patroli BC 1305 sempat terlibat kejar-kejaran dengan kapal ini, bahkan petugas mengeluarkan tembakan peringatan dua kali,” ujar Raden Evy Suhartantyo saat gelar ekpose di pelabuhan Kantor Kanwil DJBC Kepri, Rabu (4/1/2017).

Kapal yang bergerak dari OPL Singapura itu, mengandaskan lambung kapal di dekat dermaga peraian Kepala Jerih.

Nahkoda Kapal berhasil melarikan diri, sementara empat orang ABK berhasil ditangkap petugas Patroli Bea dan Cukai.

“Empat orang ABK berhasil kita amankan, sementara itu, nahkoda kapal melarikan diri setelah mengandaskan kapal,” kata Kabid Penindakan Kanwil DJBC Kepri ini.

Petugas Bea dan Cukai sedang melakukan penyelidikan terhadap Kapal yang membawa handphone tersebut.

Dari 140 karton handphone yang disita, total keseluruhan adalah Rp 6,5 miliar, dengan kerugian negara senilai Rp 2 miliar. 

“Kita masih kembangkan, sedang meminta keterangan dari empat ABK tersebut,” ucap Evy. (batamnews/dedy swd)

Komentar Anda

DEWAN PERS WARTAKEPRI FANINDO Combo Sakti Telkomsel