Lanal Karimun Amankan 13 Box Baby Lobster Senilai 8 Miliar Asal Tembilahan Diselundupkan ke Singapura – WartaKepri.co.id
17 views

Lanal Karimun Amankan 13 Box Baby Lobster Senilai 8 Miliar Asal Tembilahan Diselundupkan ke Singapura





WARTAKEPRI.CO.ID, Karimun – Sebanyak 13 Boks bibit lobster asal Tembilahan Indragiri Hilir Riau akan diselundupkan ke Singapore, berhasil ditegah oleh Markas Komando (Mako) Pangkalan Angkatan Laut Tanjungbalai Karimun.

Ribuan bibit lobster senilai delapan miliar rupiah yang berhasil ditegah di Perairan Poyong Kecamatan Moro, pada Jumat siang (6/12/2019) ini, terdiri dari dua jenis, antara lain Jenis Mutiara dan Pasir.

Puluhan ribu ekor baby lobster itu disembunyikan pada lambung Speed boat dengan dikemas menggunakan kantong plastik bening yang diberi oksigen, lalu dimasukkan ke dalam Styrofoam.

Saat menggelar konferensi Pers pada Jumat sore (6/12/2019) di Mako Lanal Tbk, Danlanal Tanjungbalai Karimun Letkol Laut (P) Mandri Kartono menjelaskan bahwa penegahan tersebut dilakukan Lanal Karimun saat Tim Fleet One Quick Respons (F1QR) Lanal Tanjung Balai Karimun melakukan patroli rutin di Perairan poyong Kecamatan Moro, dibawa menggunakan speed bermesin 40 PK oleh dua orang berinisial JM dan MST. Jumlahnya mencapai 52.579 ekor disimpan didalam 13 boks.

“Pukul 11.50 WIB tim mendeksi secara visual adanya SB mesin 40 pk warna abu-abu melintas dari arah Puau Sanglar menuju Moro dengan kecepatan maksimal selanjutnya tim melaksanakan pengejaran,” imbuhnya.

Ungkap Danlanal Mandri, Bibit Baby lobster tersebut dihargai per ekornya Rp 200 ribu untuk jenis Mutiara dan Rp 150 ribu untuk jenis Pasir, serta Timnya juga berhasil mengamankan dua orang, Keduanya JM dan MST warga Jambi.

“Rencananya 52.579 ekor baby lobster itu akan diselundupkan ke Singapura, kedua pelaku menggunakan modus baru yaitu menyelundupkan saat jam sholat Jumat,” jelas Perwira Angkatan Laut yang sebelumnya menjabat sebagai Dan KRI Kapitan Patimura-371 Satkor Koarmada I Jakarta Ini.

Seusai menggelar konferensi pers dilanjutkan dengan Pelepasan Baby Lobster di Perairan Takong Iyu dengan sarana Combat Boat Pulau Karimun oleh Danlanal Tbk beserta para Stakeholder terkait lainnya, diantaranya dari Ketua Pengadilan Negeri Karimun, Joko Dwi Atmoko, Perwakilan dari Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai (KPPBC) Tipe Madya Pabean B Tanjungbalai Karimun (KPPBC TMP B) Jangka, Kapolres Karimun AKBP. Yos Guntur Yudi F.S yang diwakili oleh Kapolsek Balai Karimun, AKP Budi Hartono, serta perwakilan dari Kantor Karantina Perikanan M. Fatir.(*)

AMA



PKP DREAMLAND
FANINDO
WIRARAJA
DEWAN PERS WARTAKEPRI

Pendapat Anda

17 views