Wabup Karimun Resmikan Kelas SDN 001 dan 002 Tebing, Gunakan DAK Senilai Rp 1,2 Miliar

880

FANINDO

WARTAKEPRI.co.id, KARIMUN – Wakil Bupati Karimun H. Anwar Hasyim pada Rabu (22/01/2020), meresmikan ruang kelas baru pada SDN. 001 dan SDN. 002 Tebing, Kabupaten Karimun Provinsi Kepulauan Riau.

Kunjungan pejabat nomor dua dilingkungan Pemkab Karimun ini disambut antusias oleh Kepala Sekolah, para guru serta siswa dan siswi. Dimana sebelumnya di laksanakan dengan tarian persembahan, khas Melayu serta pengguntingan pita secara simbolis.

Turut serta hadir dalam kegiatan peresmian ruangan kelas bagi para siswa dan siswi sekolah dasar tersebut, OPD Karimun diantaranya Asisten I, II, Staf Ahli Karimun, Kadis Pendidikan, Kadis Kesbangpol, Kadis LH, Kabag. Humas, Kabid, Sekcam Karimun dan Lurah Tanjung Balai, anggota DPRD Karimun, FKPD Karimun, Ketua PGRI Kabupaten Karimun serta para tokoh Agama dan juga tokoh masyarakat.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Karimun, Bakri Hasyim dalam sambutannya menyampaikan bahwa, pembangunan ruang kelas baru di SDN. 002 Karimun ini, dibangun dengan menggunakan dana alokasi khusus (DAK) tahun anggaran 2019 sebesar Rp. 1,2 miliar, dengan jumlah delapan lokal dimana lama penggarapannya selama enam bulan kerja.

“Sedangkan SDN. 001 Tebing dibangun menggunakan dana bantuan Pemerintah sebesar Rp. 1,6 miliar,” pungkasnya.

Lebih lanjut, Bakri menuturkan bahwa, untuk tahun 2019 Kabupaten Karimun sendiri telah mendapatkan bantuan pembangunan dan rehab sekolah yang tersebar se-Kabupaten Karimun sebanyak Rp. 36 miliar, yang telah dianggarkan.

“Dan pada tahun 2020 ini, Kabupaten Karimun mendapatkan kucuran dana Rp. 30 miliar, dana DAK yang khusus diperuntukan dibidang pendidikan,” imbuh Kadisdik Bakri.

Sementara itu pada kesempatan yang sama, Wakil Bupati Karimun H. Anwar Hasyim menyebut, Pemerintah Kabupaten Karimun menyampaikan apresiasi dan terimakasih kepada Dinas Pendidikan dan seluruh masyatakat yang terlibat dalam pengajuan pendanaan ditingkat pusat, untuk pembangunan dan renovasi gedung sekolah di wilayah Kabupaten Karimun.

“Selamat kepada Kepala Sekolah beserta Majelis Guru, pada hari ini impianya telah terwujud dan mendapatlan lokal baru, akan tetapi saat ini tugas penting adalah mari kita bersama-sama menjaga kebersihan dan lokal yang baru tersebut, serta merawatnya, agar tidak rusak. Selain itu harus meningkatkan SDM bagi anak-anak didik di Kabupaten Karimun, agar lebih maju lagi dapat dikenal, baik itu ditingkat Nasional maupun ditingkat Internasioanal,” pintanya.

Diungkapkan Wakil Bupati, saat ini sekolah-sekolah di Kabupaten Karimun tidak ada lagi yang berdindingkan papan atau triplek, akan tetapi semua telah dibangun dan direnovasi menjadi permanen.

“Besar harapan dengan adanya sekolah yang jauh lebih bagus lagi, baik sarana maupun prasarana penunjang lainnya, maka kualitas anak didik juga harus ditingkatkan dan jangan hancurkan pendidikan dengan lebih menonjolkan emosional, akan tetapi ketelitian dalam mengajar itu tentunya hal yang paling penting,” pungkasnya.

Ujar H. Anwar Hasyim, mengajak kepada Kepala Sekolah dan juga Komite Sekolah untuk tidak mengambil sumbangan dana dalam berupa apapun, kepada anak didik yang tidak jelas dan yang tidak ada dasarnya.

“Sekaligus kepada para kepala sekolah serta komite sekolah dan para majelis guru untuk selalu kompak dan saling bahu membahu dalam mengembangkan dunia pendidikan di Kabupaten Karimun, agar semakin maju dan dapat dikenal, baik itu di tingkat Nasional maupun Internasional,” tutup Pejabat Daerah yang akan mencalonkan kembali pada Pemilukada tahun 2020 ini.(*)

Kiriman : Aziz Maulana

Honda Capella