KLM. Bintang Abadi Karam di Durai Dengan Kerugian Capai Ratusan Juta Rupiah – WartaKepri.co.id
7 views

KLM. Bintang Abadi Karam di Durai Dengan Kerugian Capai Ratusan Juta Rupiah





WARTAKEPRI.co.id, KARIMUN – Sebuah kapal KLM. Bintang Abadi dengan kapasitas mesin 109 GT, pada Selasa (25/2/2020), yang membawa enam orang tenggelam di perairan selat durian, Kecamatan Durai, Kabupaten Karimun, Provinsi Kepulauan Riau.

Kapal naas yang dinahkodai oleh Nurdin (51), beserta kelima ABK kapal, diantaranya Muhammad Saddam (20) selaku juru mudi kapal, Suliyanto (28), Rahman Hakim (21), Sahrul (19), dan Arahman (37).

“Benar ada kapal kargo KLM. Bintang Abadi dengan muatan barang material semen yang berlayar dari Pulau Batam Kepulauan Riau menuju Selat Panjang, Provinsi Riau, yang menghantam terumbu karang dan menyebabkan kebocoran sekitar pukul 04.30 WIB,” ujar ketua Taruna Siaga Bencana (Tagana) Kabupaten Karimun, Deddy Risdianto kepada WARTAKEPRI.co.id.

Menurut Deddy, pada Senin (24/2/2020), pukul 21:30 WIB, KLM Bintang Abadi berangkat dari Kota Batam sesampainya di Pulau burung, tiba-tiba saja kapal terhenti mendadak, sehingga
Kapten kapal mengarahkan agar crew kapal segera melakukan persiapan karena kapal akan segera karam.

“Selang beberapa saat kemudian, sekitar dua jam kapal benar-benar tenggelam dan seluruh crew kapal yang berjumlah enam orang sudah terapung sambil berenang ke Pulau terdekat,” terangnya.

Dikatakannya, korban berhasil ditemukan oleh nelayan dan diantar ke Pulau terdekat, selang beberapa waktu datang speedboat menjemput dan mengantarkan ke pelabuhan Tanjung Batu Kota.

“Dalam musibah laka laut tersebut seluruh korban yang berjumlah enam orang selamat dan di bawa ke Tanjungbatu oleh Tim gabungan dari Satpol air, BNPP, Angkatan Laut, SAR, dan Bakamla,” pungkasnya.

Total kerugian yang dialami oleh kapal KLM. Bintang Abadi yang sarat dengan muatan meterial semen mencapai ratusan juta rupiah.

Aziz Maulana



PKP DREAMLAND
FANINDO
WIRARAJA
DEWAN PERS WARTAKEPRI

Pendapat Anda

7 views