Bank BNI Salurkan bantuan non tunai Rp 600 ribu selama tiga bulan, Terkendala pendataan

7063

FANINDO

WARTAKEPRI.co.id, KARIMUN – PT Bank Negara Indonesia (BNI) Cabang Tanjungbalai Karimun mulai menyalurkan dana bantuan sosial (bansos) tunai ke Keluarga yang terdampak tekanan ekonomi dari pandemi virus corona atau covid-19, Senin (11/5/2020) di Gedung Nasional.

Melalui Program Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa sebesar Rp 600 ribu per bulan mulai disalurkan di  42 Desa yang tersebar di Kabupaten Karimun, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri).

Pelaksanaan penyerahan BLT yang dilakukan secara simbolis oleh Bupati Karimun H. Aunur Rafiq tersebut, turut  serta disaksikan Kepala BNI Cabang Tanjungbalai Karimun Kepri, Risnaldi, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Karimun Kepri, Suwedi, Camat Buru Helmi, Kades Tanjung Batu Kecil, Syahril serta tamu undangan lainnya.

“Hal ini tentunya sejalan dengan penugasan dari pemerintah melalui Kementerian Sosial. Bank BNI telah menyalurkan dana bansos pemerintah tahap pertama,” terang Kepala Bank BNI cabang Tanjungbalai Karimun, Risnaldi.

Dikatakannya, penyaluran bantuan ini diberikan kepada warga tidak mampu selama tiga bulan, dimana setiap bulannya menerima Rp. 600 ribu. Dan sudah dibukakan untuk rekening penerima sekaligus rekening Desanya.

“Desa yang akan menerima sebanyak 42, hanya saja untuk jumlah penerimanya itu kita juga masih menunggu dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD), karena sebagian Desa belum menyelesaikan verifikasinya,” kata Risnaldi.

Sementara itu, Kepala Dinas PMD Karimun Kepri, Suwedi menjelaskan bahwa, penyaluran BLT Dana Desa kali ini merupakan untuk pertama kalinya di Kabupaten Karimun.

“Penyakuran BLT Dana Desa tersebut dilakukan secara non tunai melalui nomor rekening BNI,” katanya.

 

Suwedi menyebut, untuk penyaluran perdana dana Desa yaitu pada Desa Tanjungbatu Kecil dengan jumlah penerima sebanyak 235 Kepala Keluarga (KK), dengan nilai total mencapai Rp. 141 juta.

“Penyaluran tahap awal ini berikutnya juga dilakukan setiap bulan mulai April, Mei dan Juni 2020,” ujarnya.

Suwedi merinci, hingga saat ini dari 42 Desa, 13 Desa diantarnya yang sudah terverifikasi di Bank BNI Cabang Tanjungbalai Karimun, sedangkan sisanya sebanyak 29 Desa masih proses pendataan di lapangan.

“Untuk jumlah total penerima BLT Dana Desa di seluruh wilayah Kabupaten Karimun, belum dapat diketahui secara pasti. Karena terdapat 9 kriteria yang telah ditentukan bagi calon penerima BLT Dana Desa,” imbuhnya.

Penyerahan dilakukan secara simbolis oleh Bupati Karimun Kepri, Aunur Rafiq kepada perwakilan dua orang warga dari Desa Tanjung Batu Kecil, atau dikenal dengan sebutan Desa Tanjung Hutan, Kecamatan Buru, Kabupaten Karimun, Provinsi Kepulauan Riau.

Sebelumnya, pemerintah daerah telah mengucurkan bansos melalui pelbagai macam program, mulai dari PKH, BPNT, paket sembako, hingga Bantuan Langsung Tunai (BLT) dari Dana Desa. Tujuannya, untuk meringankan beban masyarakat di tengah pandemi corona.

 

 

 

Reporter : Aziz Maulana

Honda Capella