Angkatan Laut di Karimun Kini Bisa Olah TKP Lakalantas di Jalan Raya

317
WartaKepri - Simulasi Kecelakaan

WARTAKEPRI.co.id, KARIMUN – Guna mengasah kemampuan prajurit Detasemen Polisi Militer (PM) Lanal Tanjungbalai Karimun, dalam melaksanakan tugas penegakan hukum pada bidang kecelakaan lalu lintas yang melibatkan prajurit TNI-AL, Denpom Mako Lanal TBK telah melaksanakan olah Tempat Kejadian Perkara (TKP) kecelakaan lalu lintas, sekaligus meningkatkan profesionalisme Denpom dalam hal penanganan olah TKP, Senin (14/9/2020).

Pada pelaksanaan kegiatan yang dipimpin langsung oleh Dandenpom Lanal Tanjungbalai Karimun, Kapten Laut (PM) Agus Riyadi, dipusatkan di Jalan Nusantara, Kecamatan Karimun, Kabupaten Karimun, Provinsi Kepulauan Riau, dengan menggunakan satu unit mobil kawal, sebuah SPM kawal, dan juga satu unit mobil ambulan, serta dua unit sepeda motor.

Dasar pelaksanaan kegiatan simulasi olah Tempat Kejadian Perkasa (TKP) tersebut, berdasarkan Undang-Undang nomor 31 Tahun 1997, tentang Peradilan Militer, Undang-Undang nomor 22 Tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan, Kep Panglima TNI nomor Kep/1/III/2004, tanggal 26 Maret 2004 tentang penyelenggaraan tugas dan fungsi Kepolisian Militer di lingkungan TNI.

“Olah TKP sendiri merupakan salah satu fungsi teknis dalam satuan Polisi Militer yang dianggap sangat penting. Olah TKP yang baik dan benar adalah membuat suatu kasus agar lebih mudah terdata, terbaca, sekaligus pada akhirnya terpecahkan,” terang Dandenpom Lanal Tanjungbalai Karimun, Kapten Laut (PM) Agus Riyadi.

Dimana menurutnya, pada tahapan simulasi mulai dari olah TKP kecelakaan lalu lintas, lalu mengatur arus lalu lintas, mengidentifikasi korban kecelakaan, hingga mengevakuasi korban menuju rumah sakit terdekat, selanjutnya menggambar sketsa bagan TKP, mengamankan barang bukti kecelakaan lalu lintas, melaksanakan pudata lidkrim, serta melaksanakan penyidikan dan pemberkasan.

“Pada akhirnya petugas jaga Detasemen Polisi Militer Lanal TBK menerima laporan dari seseorang yang melihat secara langsung adanya kejadian kecelakaan lalu lintas yang melibatkan prajurit TNI-AL,” paparnya.

Selanjutnya, kata Agus Dan Unit jaga melaporkan kepada Komandan Denpom Lanal TBK tentang adanya kecelakaan lalu lintas yang melibatkan prajurit TNI-AL.

“Komandan Denpom Lanal TBK menugaskan perwiranya untuk memimpin pelaksanaan olah Tempat Kejadian Perkara (TKP) kecelakaan lalu lintas,” pungkasnya.

Selanjutnya, Agus mengutarakan perwira Polisi Militer yang di tugaskan oleh Komandan Denpom Lanal TBK menyiapkan personil dan material guna melaksanakan olah tempat kejadian perkara, sekaligus menunjuk petugas pengatur lalu lintas, pengukur TKP, penggambar sket TKP, Puldata Lidkrim, Identifikasi, tim evakuasi korban sekaligus barang bukti.

“Setelah tiba di lokasi TKP, langsung melaksanakan kegiatan olah tempat kejadian perkara dengan mengamankan lokasi kecelakaan lalu lintas, mengecek kondisi korban, menghubungi ambulan dan mengevakuasi korban ke rumah sakit terdekat, sekaligus melaksanakan olah tempat kejadian perkara dan juga mengamankan barang bukti, untuk selanjutnya di bawa ke kantor Denpom Lanal TBK.

“Lalu, membuat laporan kepada Kamando atas, dalam bentuk laporan kejadian (LK), melaksanakan kegiatan Administrasi Polisi (Minpol) dan melaksanakan penyidikan serta pemberkasan,” ungkapnya.

Setelah itu tahapan selanjutnya, Agus mengutarakan pihaknya telah menyiapkan berkas Lappol dan Sket Bagan Tempat Kejadian Perkara (TKP), untuk mengurus santunan Jasa Raharja.

“Setelah dilaksanakan olah tempat kejadian perkara (TKP) oleh Polisi Militer Lanal TBK, apabila ternyata pengendara penyebab terjadinya kecelakaan tersebut adalah warga sipil, maka perkara di limpahkan ke pihak Polri dalam hal ini Satlantas, untuk selanjutnya di proses lebih lanjut,” ungkap Agus.

Agus juga menyebut, apabila pengendara penyebab kecelakaan lalu lintas tersebut adalah prajurit TNI-AL, maka perkara di proses oleh Polisi Militer Angkatan Laut dalam hal ini Denpom Lanal TBK.

“Selanjutnya akan di proses penyidikan dan pemberkasan oleh pihak Polisi Militer Angkatan Laut, dalam hal ini Denpom Lanal TBK, dan berkas perkara tersebut akan di limpahkan ke Odmil untuk proses hukum lebih lanjut,” tegas Agus.

Reporter : Aziz Maulana

Komentar Anda

DEWAN PERS WARTAKEPRI FANINDO PKPONLINE PKP DREAMLAND