Tiga Minggu TMMD ke-109, Jalan Penghubung Dua Desa Kecamatan Buru Hampir Rampung

217
Tiga Minggu TMMD ke-109, Jalan Penghubung Dua Desa Kecamatan Buru Hampir Rampung
Harris Day Batam

WARTAKEPRI.co.id, KARIMUN – Pelakaanan pembangunan fisik pada program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-109 tahun 2020, wilayah Kodim 0317/ TBK memasuki pekan ketiga, dimana sebelumnya telah diresmikan oleh Bupati Karimun, Aunur Rafiq, pada Selasa (22/9/2020) lalu.

Pada pembangunan akses jalan dengan menghabiskan anggaran sebesar Rp 1,6 miliar tersebut, lebih difokuskan pada pembuatan ruas jalur, jalan tembus sepanjang 3040 meter dengan lebar 6 meter, yang menghubungkan antara Desa Parit Sembilan, dengan Desa Lubuk Puding, Kelurahan Buru, Kecamatan Buru, Kabupaten Karimun, Provinsi Kepulauan Riau, serta pengerjaan jembatan (saluran box culvert).

Bintara Pembina Desa (Babinsa) Kecamatan Buru Sertu Dedy mengatakan, pembangunan akses jalan lintas yang saat ini tengah dikerjakan, jika nanti sudah selesai masyarakat dapat menggunakannya untuk kelancaran aktivitas sehari-hari.

“Pembangunan sudah hampir rampung 90 persen, sehingga nantinya dapat digunakan akses jalan untuk bekerja maupun bersekolah,” kata Dedy disela-sela proses pengerjaan pembukaan ruas jalan baru, Sabtu (3/10/2020).

Lebih lanjut Dedy menyatakan, pada pengerjaan pembangunan bahu jalan yang baru tersebut, merupakan akses jalur penghubung antara penghubung Desa, sepanjang 3040 meter lebar 6 meter tersebut, dikerjakan bersama-sama dengan masyarakat sebagai kemanunggalan TNI bersama dengan rakyat.

Polling Jelang 9 Desember 2020 Pilkada Kepri

“Dengan menggunakan alat berat eskavator, merupakan bentuk kepedulian TNI AD terhadap kesulitan masyarakat, sehingga mempunyai kewajiban untuk mendukung dan membantu pelaksanaan program-program pembangunan yang telah direncanakan oleh Pemerintah hingga ke tingkat Desa,” ujarnya.

Dirinya menyebut, penggarapan akses jalan ini sudah mulai finishing pada penggarapan parit (saluran air), pada sisi samping kiri maupun kanan ruas badan jalan, sekaligus akan dilaksanakan penimbunan untuk pengerasan.

“Alat berat yang didatangkan untuk membantu TNI bersama warga dalam menggarap saluran air, termasuk pengerjaan jalan,” ungkap Dedy.

Dedy juga berharap melalui pelaksanaan kegiatan TMMD ini, dengan membuka akses jalur baru dapat meningkatkan kebersamaan dalam membangun, agar masyarakat lebih mudah mengakses jalan.

“Tentunya dengan semangat kegotong-royongan, mari kita buktikan bahwa bersama rakyat TNI kuat,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Desa Buru Samad mengapresiasi sekaligus menyampaikan rasa terima kasih kepada Babinsa, khususnya Koramil 01 Karimun, karena selama ini selalu berperan aktif dalam upaya membantu dan mendukung setiap program yang ada di Desa.

“Berharap setelah pembangunan ini selesai, masyarakat akan selalu menjaga sekaligus membantu merawat serta menjaga hasil pembangunan infrastruktur yang telah dibangun, sehingga nantinya dapat dimanfaatkan dalam jangka waktu yang panjang,” harapannya.(*)

Reporter : Aziz Maulana

Komentar Anda

DEWAN PERS WARTAKEPRI FANINDO DPRD ANAMBAS DPRD KARIMUN