Satresnarkoba Polresta Barelang Bekuk Nelayan Malaysia Kurir Sabu Seberat 8.9 Kilogram

Satresnarkoba Polresta Barelang Bekuk Nelayan Malaysia Kurir Sabu Seberat 8.9 Kilogram

HARRIS BARELANG

WARTAKEPRI.co.id, BATAM-Jajaran Satresnarkoba Polresta Barelang, Polda Kepri, mengungkap dua orang pelaku (DA) 24 Tahun, pekerjaan wiraswasta, alamat kos kosan Genta, Batu Aji Kota Batam. Pelaku yang kedua dengan inisial (YZ) 34 Tahun, pekerjaan nelayan kewarganegaraan Malaysia.

Kapolresta Barelang AKBP Yos Guntur mengatakan bahwa dari informasi masyarakat, pelaku berhasil diamankan yakni berasal dari warga negara asing (WNA) Malaysia di Perairan Pulau Putri, Nongsa, Kota Batam, lalu dengan kasus tindak pidana Narkotika jenis sabu dengan total berat 8,945 gram penangkapan terhadap 2 orang pelaku.

“Upaya pengungkapan tersebut, akhirnya polisi berhasil menyita barang bukti sabu seberat 8,945 kilogram sabu dengan satu orang tersangka berinisial YZ (34),”kata Kapolresta Barelang didampingi Kasat Narkoba Polresta Barelang Kompol John Heri Rakuta Sitepu, Kasubag Humas Polresta Barelang AKP Betty Novia Selasa (16/12/2020) di Pendopo Satresnarkoba Polresta Barelang.

Menurut Kapolresta, polisi mengamankan pelaku berdasarkan Informasi yang didapat anggota Satresnarkoba dari masyarakat, diduga kedua Pelaku akan melaksanakan transaksi narkotika jenis Sabu di tempat kejadian perkara (TKP) yang berbeda.

“Tempat kejadian pertama yang dilakukan oleh pelaku (DA) berada di Pantai Tanjung Buntung Kecamatan Bengkong Kota Batam. Sedangkan pelaku (YZ) dilakukan di Perairan Laut Sekitar Pulau Putri, Nongsa, Kota Batam,”tutur Kapolresta.

Adapun untuk barang bukti (BB) yang diamankan untuk TKP Pantai Tanjung Buntung yakni 2 Bungkus sabu yang terbungkus dengan plastik kemasan merk Guanyinhwang dan dibungkus lagi dengan plastik transparan.

“Satu buah tas sandang warna hitam merk Relbin Renellius, 1 buah tas sandang warna abu abu Merk adidas, 1 Unit Hp, 1 Unit Sepeda Motor,”terangnya.

Selain itu, lanjut Kapolresta, untuk TKP perairan Pulau Putri ini berhasil diamankan barang bukti berupa, 1 Buah jerigen warna biru yang didalamnya terdapat 1 Buah kantong kertas merk Club 21 Outlet yang berisikan 5 bungkus shabu yang dibungkus dengan plastik kemasan merk Guanyinwang dan 2 Bungkus Shabu yang dibungkus dengan plastik kemasan Merk Yusliam, uang sejumlah RM.343, 1 unit SpeedBoat Fiber, 1 unit HP milik tersangka.

“Hal ini dapat kami lakukan berkat informasi dari masyarakat bahwa dengan adanya penangkapan Narkotika Jenis shabu seberat 8.945 Gram ini dapat menyelamatkan Puluhan Ribu Jiwa Manusia,”ungkap Yos.

Atas kejadian ini, pelaku dikenakan pasal yang disangkakan yakni pasal 112 Ayat (2) Jo Pasal 114 Ayat (2) UU RI No. 35 Tahun 2009 tentang Narkotika dengan ancaman hukuman pidana mati, pidana penjara seumur hidup, atau pidana penjara paling singkat 5 Tahun dan paling lama 20 Tahun.(*)

Kiriman :Taufik Chaniago

FANINDO

Honda Capella