Susun RKPD Tahun 2024, Pemko Batam Lakukan Percepatan Pembangunan Infrastruktur dan Pelayanan

Sekda Jefridin Rapat Pembahasan RKPD Tahun 2023
HARRIS BARELANG

BATAM – Dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Perangkat Daerah (RKPD) tahun 2024. Pemerintah Kota Batam menggelar acara Pemaparan Kondisi Makro Ekonomi Kota Batam tahun 2022, serta Proyeksi Kondisi Makro Kota Batam tahun 2023-2024, di Kantor Wali Kota Batam, Selasa (21/2/2023).

Acara dipimpin langsung oleh Sekretaris Daerah Kota Batam, Jefridin Hamid dan dihadiri oleh Bapelitbangda Kota Batam, BPS Kota Batam, Bank Indonesia cabang Kepri, serta beberapa Kepala OPD dan Kepala Bagian di lingkungan Pemerintah Kota Batam.

“Kami ucapkan terima kasih, dimana kegiatan ini dirancang dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Kota Batam atau RKPD tahun 2024, oleh karena itu ada beberapa poin gambaran makro ekonomi untuk tahun 2023-2024,” ucap Jefridin.

Kondisi perekonomian Tahun 2022 dan Outlook Ekonomi tahun 2023-2024 tersebut merupakan suatu pendukung dalam penyusunan RKPD kota Batam tahun 2024 mendatang.

Pemaparan data gambaran dan proyeksi ekonomi makro ini disampaikan oleh pihak BPS Kota Batam dan Bank Indonesia.

“Hal ini guna menyusun perencanaan yang komprehensif. Sebab kalau tanpa data maka rencana yang akan kita buat tidak sesuai dengan sasaran dan tujuan yang kita capai. Oleh karena itu pertemun ini penting, sebagai gambaran umum sebagaimana yang disampaikan oleh Bapelitbangda,” katanya.

Tema arah kebijakan tahun 2024 yaitu percepatan pembangunan infrastruktur dan pelayanan dasar di hiterland untuk pemerataan pembangunan daerah.

Adapun program prioritas yang dilaksanakan antara lain, percepatan pemulihan dan pemerataan pembangunan ekonomi, pembangunan infrastruktur utilitas perkotaan dan sarana transportasi yang merata juga berkualitas.

Juga peningkatan kualitas SDM yang unggul, peningkatan dan fasilitas investasi berbasis maritim dan keunggulan wilayah, percepatan pembangunan wilayah hiterland, dan reformasi birokrasi guna meningkatkan pelayanan pada masyarakat.

“Sehingga data makro ini sangat dibutuhkan dalam penyusunan RKPD ini. Dan kami berharap dari BPS juga BI dapat memberikan masukan kebijakan terhadap rencana pembangunan, agar dapat menghasilakan dan mencapai sasaran yang sesuai dan menjadikan Batam semakin baik,” tutup Jefridin.(MCB)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

GALERI 24 PKP PROMO ENTENG