BMKG Karimun Koordinasi Bersama Mako Lanal, Guna Meningkatkan Sinergitas Antar Instansi

910

FANINDO

WARTAKEPRI.co.id, KARIMUN – Guna meningkatkan sinergitas sekaligus mendukung kinerja jajaran Pangkalan TNI Angkatan Laut di seputar perairan Karimun, Kepala BMKG Raja Haji Abdullah Tanjungbalai Karimun, Provinsi Kepulauan Riau, Raden Eko Sarjono menyambangi Mako Lanal TBK, Senin (23/11/2020).

Kerjasama antara BMKG Karimun bersama dengan TNI AL, meliputi pemanfaatan data dan informasi BMKG, untuk pertahanan dan keamanan negara.

“Pemanfaatan baik sarana maupun prasarana, peningkatan kapasitas SDM sekaligus penelitian dan pengembangan bersama,” terang Kepala BMKG Raja Haji Abdullah Tanjungbalai Karimun, Provinsi Kepulauan Riau, Raden Eko Sarjono.

Sehingga menurut Eko, BMKG akan terus mendukung TNI AL dalam memberikan informasi terkait cuaca di perairan Karimun, terlebih pada kondisi cuaca saat ini.

“Agar TNI AL sendiri lebih maksimal dalam melaksanakan tugas patroli keamanan, khususnya di bidang kemaritiman,” paparnya.

Eko menambahkan, kerjasama selain dengan Mako Lanal Tanjungbalai Karimun sendiri, BMKG Karimun juga telah berkoordinasi dan bekerjasama dengan instansi terkait lainnya, seperti, Bakamla, DJBC Khusus Kepri, Polri (Polairud), Tagana, SAR, Bandara, serta Pemerintah Daerah Kabupaten Karimun.

“Tujuannya agar informasi dari BMKG dapat diterima oleh seluruh masyarakat Kabupaten Karimun, diberbagai lapisan,” pungkasnya.

Sementara itu pada kesempatan yang sama Danlanal Tanjungbalai Karimun Letkol Laut (P) Maswadi mengapresiasi sekaligus mendukung penuh upaya yang dilakukan oleh BMKG Karimun.

“Karena hal ini tentunya sejalan dengan tugas-tugas pokok Mako Lanal Tanjungbalai Karimun, antara lain melaksanakan dukungan logistik. Mako Lanal TBK pro aktif memberikan dukungan logistik, terhadap unsur-unsur KRI yang datang sandar atau lego, untuk keperluan operasional seperti bahan bakar, air dan keperluan logistik lain, hingga prediksi prakiraan cuaca, khususnya diperairan Karimun,” ujarnya.

Selain itu, menurut Maswadi guna melaksanakan operasi keamanan laut di wilayah Lanal dengan sarana yang digunakan, yakni berupa unsur Kapal Angkatan Laut (KAL) dan Patkamla.

“Hingga Mako Lanal Tanjungbalai Karimun juga melaksanakan pembinaan potensi maritim, sekaligus memberikan dukungan giat potensi maritim kepada masyarakat dan juga Stakeholder terkait lainnya, termasuk BMKG guna menjalin hubungan yang lebih baik, tentunya untuk menunjang kinerja agar lebih optimal,” tandasnya.

Reporter : Aziz Maulana

Honda Capella