Reskrim Polsek Lubuk Baja Bekuk 3 Pencuri Kabel di Ruko Happy Garden

580
Ekspos ungkap kasus pencurian kabel
Ekspos ungkap kasus pencurian kabel di ruko Happy Garden. (Foto: Taufik/Wartakepri)

WARTAKEPRI.co.id, BATAM – Unit Reskrim Polsek Lubuk Baja mengamankan 3 orang pelaku tindak pidana pencurian yang menyebabkan kerugian jutaan rupiah kepada pemilik ruko di Happy Garden Blok O, Lubukbaja. Ketiga pelaku itu berinisial AS (37) WS (40) dan WR (34).

Hal ini disampaikan Kapolsek Lubuk Baja Kompol Budi Hartono saat konferensi pers, Jumat (18/3/2022), di Mapolsek Lubuk Baja. Ia mengatakan pelaku melancarkan aksinya dengan mengincar sejumlah ruko kosong untuk mencuri kabel.

“Mereka para pelaku ini sudah mengincar mana ruko yang kosong. Namun saat niat pelaku hendak mencuri, langsung digagalkan, karena tertangkap tangan oleh pemilik ruko serta warga setempat,” kata Kompol Budi Hartono.

Kapolsek juga menjelaskan kronologisnya berawal pada hari Rabu tanggal 16 Maret 2022 sekira pukul 17.00 WIB. Pelapor melintas di depan ruko milik pelapor di Happy Garden, Kelurahan Batu Selicin, Kecamatan Lubuk Baja, mendapati kunci gembok posisinya sudah berbeda.

“Kemudian pelapor mendapati kunci gembok tersebut sudah rusak, lalu, pelapor pergi membeli gembok baru dan pada saat kembali ke TKP pelapor dan sekuriti komplek mendapati 3 orang terlapor ada di dalam ruko tersebut sedang mengambil kabel instalasi ruko,” jelas Kapolsek.

Lebih lanjut disampaikan Budi, ketiga pelaku berinisial AS (37) WS (40), WR (34) mengakui sudah berhasil mencuri belasan meter kabel. Selain itu di lokasi juga diamankan gunting untuk memotong kabel.

“Hasil curian para (pelaku) rencananya, barang curian itu akan dijual pelaku. Sementara korban, mengalami kerugian Rp 3 juta,” ucap Budi.

Atas perbuatannya, tiga pelaku dijerat dengan Pasal 363 Ayat (1) KUHP tentang pencurian dengan ancaman hukuman penjara selama-lamanya 7 tahun.

Terakhir, Kapolsek mengimbau dan mengajak kepada seluruh masyarakat Lubuk Baja, jelang Ramadhan agar tetap waspada. Apalagi saat meninggalkan rumah dan ruko saat mudik lebaran tahun 2022 ini.

“Bagi masyarakat ingin pulang kampung lebaran tahun 2022 ini, apalagi meninggalkan rumah cukup lama, agar tetap antisipasi adanya tindak kejahatan dengan mengunci rumah kunci gembok atau bisa memakai Closed Circuit Television (CCTV). (taufik)

Honda Capella

FANINDO